3.22.2013

Meningkatkan Stamina Beribadah


Silahkan jawab dengan jujur, berapa lama waktu yang kita habiskan untuk bermain game?
berapa lama waktu yang kita habiskan untuk bersantai duduk menonton televisi?
bagi yang hobi karaokean, berapa lama waktu yang dilalui untuk menyanyi di tempat karaoke?
berapa lama kita dapat bertahan untuk menghabiskan waktu berolahraga?
berapa lama waktu yang kita gunakan untuk membaca kitab al-Qur'an?

Saya sendiri bisa menggunakan waktu lebih dari 3 jam untuk latihan bela diri. Namun, ketika membaca surah al Kahfi di malam jum'at yang lama membacanya kurang lebih 30 menit saja, sudah ngos-ngosan, ya Allah ampuni hamba.

Masih ingatkah kita, kapan terakhir kali kita membaca kitab suci al-Qur'an?
Alhamdulillah, jika pagi tadi setelah melaksanakan shalat subuh kita sudah membacanya atau ketika selesai shalat maghrib kita juga membacanya. Jika waktu yang kita luangkan ada banyak untuk hiburan dunia, namun  kita jarang membaca kitab suci agama kita sendiri, malulah mengaku sebagai muslim. Sudah seharusnya kita meningkatkan energi dan kualitas waktu untuk beribadah, salah satunya adalah membaca al-Qur'an.

Para ulama sepakat, bahwa hukum membaca al-Qur'an adalah wajib 'ain. Kita harus meluangkan waktu setiap hari untuk membaca al-Qur'an. Guru agama SMA Saya berpesan, bacalah al-Qur'an setiap hari walaupun cuma 1 ayat. Bagaimana kita bisa mengamalkan al-Qur'an jika membaca dan mengamalkannya saja tidak?

Ada banyak sekali keutamaan membaca al-Qur'an, di antaranya adalah al-Qur'an akan datang memberi syafaat (pertolongan) di hari kiamat kepada orang yang senantiasa membacanya, kejayaan akan diberikan kepada umat Islam bagi umatnya yang selalu membaca dan mengamalkannya. Orang yang pandai membaca al-Qur’an akan disediakan tempat yang paling istimewa di surga bersama para malaikat yang suci. Sedangkan orang yang membaca terbata-bata, maka ia akan diberikan dua pahala yaitu pahala keinginan untuk belajar dan pahala kesungguhan membacanya.

Tingkatkan Stamina
Di bidang olahraga, cara untuk meningkatkan stamina adalah senantiasa berlatih dan melakukan jogging dengan rutin. Begitu pula di bidang ibadah, untuk meningkatkan kualitas energi beribadah, hendaknya kita senantiasa berlatih dengan bertahap dan dilakukan dengan rutin. Luangkan waktu memulai dengan 1 hari  membaca 1 halaman atau 1 lembar al-Qur'an setelah shalat subuh. Jika sudah kontinyu selama 1 minggu, tingkatkan lagi dengan membacanya setelah shalat magrib. Jika terbiasa membaca 1 halaman, tingkatkan menjadi 1 lembar. Jika terbiasa membaca 1 lembar, tingkatkan lagi menjadi 2 lembar. Lakukan terus menerus hingga menjadi habits.

Sudah saatnya umat Islam sekarang ini mengamalkan membaca al-Qur'an baik di rumah ataupun di mana saja. Matikan televisi antara magrib dan isya, gunakan waktu luang tersebut untuk hal-hal yang bermanfaat dengan mengajak keluarga membaca al-Qur'an, membaca buku Islam, ataupun belajar bagi seorang yang masih menuntut ilmu di bangku sekolah. Insya Allah Islam akan kembali berjaya.

Mudah-mudahan melalui tulisan ini juga menjadi hiu-hiu kecil bagi Saya agar bisa senantiasa terus bergerak untuk membaca, belajar dan mengamalkan al-Qur'an.

Yuk silaturrahmi lewat twitter, follow @fajarwan

sumber gambar : tamanpendidikanalquran.wordpress.com

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Posting yang berkaitan