3.01.2013

Jum'at Berkah dan Bercahaya


Hari Jum'at adalah hari yang paling berkah dan istimewa dibandingkan dengan hari-hari lainnya, banyak orang yang menantikan dan senang menyambut hari Jum'at. Kenapa? Karena kalo hari ini adalah hari Jum'at berarti besok adalah hari sabtu dan lusanya adalah minggu, weekend dong, hehe ..

Hari Jum'at adalah hari rayanya umat muslim, selain terdapat ibadah wajib shalat Jum'at, juga banyak amalan sunnah yang diutamakan dikerjakan pada hari Jum'at. Salah satunya adalah membaca surah Al-Kahfi, mengamalkannya ketika selesai shalat magrib di hari kamis (malam Jum'at) sampai dengan ketika menjelang adzan magrib pada hari Jum'at.

Surah Al-Kahfi terdiri dari 110 Ayat, sekitar 4-5 lembar Al-Qur'an. Kalau memang berat membaca 110 ayat, baca saja 10 ayat pertama dan 10 ayat terakhir surah Al-Kahfi, membaca 10 ayat pertama dan 10 ayat terakhir ini lebih singkat, mungkin sekitar 5 menit sudah selesai bacanya, tapi kalau punya waktu luang yang lebih banyak alangkah lebih baik lagi kita membaca keseluruhan ayat surah Al-Kahfi.

Nah, apa sih keutamaan membaca surah Al-Kahfi? Mari kita simak hadits berikut:
Dari Abu Sa’id al-Khudri radhiyallahu 'anhu, Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda,
"Barangsiapa membaca surat Al-Kahfi pada hari Jum’at, maka akan dipancarkan cahaya untuknya di antara dua Jum'at."
(HR. Al-Hakim: 2/368 dan Al-Baihaqi: 3/249. Ibnul Hajar mengomentari hadits ini dalam Takhrij al-Adzkar, “Hadits hasan.” Beliau menyatakan bahwa hadits ini adalah hadits paling kuat tentang surat Al-Kahfi. Syaikh Al-Albani menshahihkannya dalam Shahih al-Jami’, no. 6470)

Dari Ibnu Umar radhiyallahu 'anhuma, berkata: Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda,
“Siapa yang membaca surat Al-Kahfi pada hari Jum’at, maka akan memancar cahaya dari bawah kakinya sampai ke langit, akan meneranginya kelak pada hari kiamat, dan diampuni dosanya antara dua jumat.”
Al-Mundziri berkata: hadits ini diriwayatkan oleh Abu Bakr bin Mardawaih dalam tafsirnya dengan isnad yang tidak apa-apa. (Dari kitab at-Targhib wa al- Tarhib: 1/298)”

Jika kita seorang pelajar atau mahasiswa, maka belajarnya akan berkah dan bercahaya. Jika kita seorang pekerja, maka pekerjaannya akan bercahaya. Jika kita seorang guru, maka proses mengajarnya akan bercahaya. Jika kita seorang pengusaha, maka usahanya akan bercahaya. Jika kita sedang dalam perjalanan, maka perjalanannya akan bercahaya. Jika kita seorang atlet, maka latihannya akan bercahaya. Insya Allah ..
Kebetulan tiap hari Jum'at malam Saya dan teman-teman latihan Kempo di SMK Telkom Banjarbaru (promosi ni ye), insya Allah latihannya juga juga berkah dan bercahaya, aamiin ˆ⌣ˆ


Kan enak tuh kalau hidup selalu diberikan cahaya oleh Allah, hidup akan terus terang-benderang, apapun segala aktivitas yang kita kerjakan akan menjadi lebih berkah. Yang penting terus-menerus diamalkan di setiap hari Jum'at, Okkeh? Mari kita berjanji pada diri kita sendiri untuk rutin mengamalkannya. Karena amalan sunnah sekecil apapun, jika kita kerjakan dengan istiqomah akan menjadi lebih utama. Rasulullah bersabda:
“Amalan yang paling dicintai oleh Allah Ta’ala adalah amalan yang kontinyu, walaupun sedikit.” (HR. Muslim 783)

Bagi yang belum membaca surah Al-Kahfi, break dulu internetannya, buka Qur'annya ayo dibaca!! ˆ⌣ˆ
Mengamalkan sendiri saja tidak cukup, mari kita ajak teman-teman kita untuk mengamalkannya, silahkan artikel ini dicopas, dishare ke Facebook atau twitter. Semoga apapun aktivitas kita pada hari ini selalu diberikan keberkahan oleh Allah subhanahu wa ta'ala, aamiin, awali hari ini dengan senyuman ˆ⌣ˆ

yuk silaturrahmi melalui twitter, follow @fajarwan
sumber gambar ilustrasi bayuzuke.blogspot.com, indonesian.iloveallaah.com

4 komentar:

  1. Terimakasih sangat bermanfaat

    BalasHapus
  2. Terimakasih sangat bermanfaat

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Posting yang berkaitan