6.14.2012

Tips Menghapal Qur'an bagi Orang-orang yang "Sibuk"

sudah kurang lebih 3 bulan gak ngupdate blog karena kesibukan kerja & tugas-tugas kuliah, hadeehh ..
Akhirnya pada kesempatan kali ini, izinkan Saya untuk berbagi tips kepada teman-teman semua, mudah-mudahan bermanfaat dan bisa diamalkan oleh kita semua, terutama untuk diri Saya sendiri :)


Tips yang akan Saya berikan adalah Tips Mudah Menghapal Qur'an bagi Orang-orang  yang "Sibuk" bekerja dengan Komputer.
Kok orang-orang yang "Sibuk" sih??
"Sibuk" dalam artian di sini adalah, sibuk yang menurut Saya karena kesibukan pekerjaan yang kita lakukan sehari-hari, terutama pekerjaan di depan komputer, sehingga tidak ada waktu lagi untuk meluangkan  menghapal Qur'an.
Hmmmm, padahal jika kita berniat dengan sungguh-sungguh untuk meluangkan waktu supaya menghapal Qur'an sih bisa saja, akan tetapi godaan untuk melakukan pekerjaan lain lebih gede ketimbang menghapal Qur'an.

Tipsnya simple saja, hanya ada 3, jika kita bersungguh-sungguh melakukannya, insya Allah akan membuahkan hasil yang bagus. Berikut tips-tipsnya:

1. Ganti wallpaper Komputer Anda dengan Ayat / Surah yang ingin Dihapal
Dimana kita bisa mendapatkan gambar Ayat/Qur'an???
Caranya sangat mudah, cukup dengan mencarinya dengan bantuan om Google, hehe :D
tinggal ketikkan saja di kotak pencarian Surah yang ingin kita hapal, maka om Google akan membantu untuk mencarikannya.

2. Baca Terus-menerus
Tiap kali kita menyalakan komputer, sebelum beraktivitas dengan komputer, luangkanlah waktu untuk membaca Ayat/Surah yang ada di wallpaper Komputer kita. Kemudian, jika kita ingin mematikan/shutdown komputer, luangkanlah lagi untuk membacanya. Jika ada waktu lagi di sela-sela pekerjaan akan lebih bagus.
Lakukanlah cara di atas secara terus-menerus setiap hari. Insya Allah hari demi hari jika kita rutin membacanya, maka kita akan terbiasa dan otomatis akan menjadi hafal.

3. Selalu Jaga Hafalan Qur'an Kita
Kok dijaga?? tahanan kaleee, hehehe ...
Maksud menjaga di sini adalah dengan membaca berulang-ulang/rutin hafalan Qur'an kita terutama pada saat Shalat Wajib ataupun Sunnah.
Selain cara di atas, cara yang sering Saya lakukan adalah dengan mengulang-ulang hafalan Qur'an ketika dalam perjalanan bersepeda motor menuju Kantor, menuju Kampus, pokoknyamenuju ke mana saja deh. Selalu baca dan baca ketika dalam perjalanan, sehingga kita akan selalu berdzikir kepada Allah ketika dalam perjalanan, insya Allah perjalanan kita akan menjadi berkah dan hafalan kita akan selalu terjaga.

Demikian tips yang Saya berikan, semoga bermanfaat bagi kita semua. :D

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Posting yang berkaitan