6.11.2013

Tips Bangun Lebih Awal

Bagi umat Islam, ibadah shalat Subuh merupakan salah satu kewajiban yang harus ditunaikan setiap harinya. Tidak semua orang bisa menunaikan shalat Subuh di awal waktu dan dikerjaan secara berjamaah di masjid. Ada yang melaksanakannya di rumah, ada juga yang melaksanakannya berjamaah di masjid, bahkan ada juga yang kesiangan mengerjakannya. Termasuk yang mana kah kita? Semoga kita termasuk yang melaksanakannya dengan berjamaah di masjid.

Dalam sebuah hadits Rasulullah menjelaskan bahwa shalat Subuh berjamaah merupakan shalat yang paling berat dilaksanakan bagi orang yang munafik.

“Shalat yang dirasakan paling berat bagi orang-orang munafik adalah shalat isya dan shalat subuh. Sekiranya mereka mengetahui keutamaannya, niscaya mereka akan mendatanginya sekalipun dengan merangkak. Sungguh aku berkeinginan untuk menyuruh seseorang sehingga shalat didirikan, kemudian kusuruh seseorang mengimami manusia, lalu aku bersama beberapa orang membawa kayu bakar mendatangi suatu kaum yang tidak menghadiri shalat, lantas aku bakar rumah-rumah mereka.” (HR. Al-Bukhari no. 141 dan Muslim no. 651).

Berikut adalah tips bangun lebih awal supaya kita bisa melaksanakan shalat Subuh berjamaah.

Tidur Lebih Awal
Hindari tidur terlalu larut malam, jangan biasakan bermain dengan gadget di atas jam 10 malam. Saat kita menuju tempat tidur matikanlah lampu dan letakkanlah gadget jauh dari tempat tidur.

Minum Sebelum Tidur
Ini adalah salah satu cara yang lumayan ampuh bagi yang belum terbiasa bangun awal. Minumlah 1 gelas air putih sebelum tidur, biasanya kita akan kebelet ketika menjelang subuh yang mengharuskan kita bangun supaya ke kamar mandi juga mengambil air wudhu untuk menunaikan shalat Tahajjud atau shalat Subuh, jika kita malas bangun berhati-hati lah ngompol. hehehe...

Gunakan Alarm Jam
Sebagai awal latihan supaya terbiasa bangun subuh, settinglah alarm jam secara bertahap, dimulai dari 5 menit sebelum adzan Subuh, 3 hari kemudian 10 menit, 3 hari setelahnya 15 menit, 20 menit, 30 menit, sampai 1 jam sebelum adzan Subuh berkumandang sehingga kita juga bisa melaksanakan shalat Tahajjud. Letakkan alarm tersebut jauh dari tempat tidur kita, sehingga kita harus bangun berjalan untuk mematikan alarm. Jika alarm yang kita gunakan dari HP, settinglah alarm dengan suara atau lagu yang membuat kita menjadi bersemangat!

Jangan Terlalu Banyak Makan
Makanlah seperlunya ketika makan malam sesuai tuntunan Rasulullah, sepertiga lambung untuk makanan, sepertiga untuk minuman, sepertiganya lagi untuk nafas. Terlalu banyak makan ketika makan malam akan membuat kita menjadi malas dan berat untuk bangun dari tidur.

Bergabunglah dengan Komunitas Positif
Bagi pengguna Twitter, follow lah akun @PejuangSubuh, bergabunglah dengan para Pejuang Subuh supaya kita selalu termotivasi untuk berjuang menegakkan shalat Subuh berjamaah di Masjid. Ada akun Pejuang Subuh Banjarmasin @PejuangSubuhBjm, Surabaya @PejuangSubuhSBY, Jakarta @PejuangSubuhJKT, Bandung @PejuangSubuhBdg dan masih banyak para Pejuang Subuh di kota lain.

Niat dan Do'a
Tekadkan kuat-kuat dalam diri kita bahwa kita ingin selalu melaksanakan shalat Subuh berjamaah di masjid. Manusia hanya bisa berencana, Allah lah yang menentukan, semua akan menjadi mungkin dengan pertolongan Allah. Hendaknya kita berwudhu sebelum tidur dan berdo'a semoga Allah senantiasa memberi kita kekuatan supaya bisa bangun lebih Awal.

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Posting yang berkaitan