5.01.2013

Manfaat Jogging

Selamat datang bulan Mei! Mudah-mudahan di bulan ini kita selalu sehat dan diberikan keberkahan oleh Yang Maha Memberi Rezeki. Jangan lupa untuk selalu bersyukur kepada-Nya.

Salah satu program Saya di bulan ini adalah ingin merutinkan jogging 2 kali seminggu tiap pagi. Setelah lama tidak rutin melakukan olahraga jenis aerobik ini selama beberapa bulan, Saya bertekad merutinkannya kembali di bulan ini. Walaupun rencana Saya hanya 2 kali dalam seminggu, rutin tapi sedikit lebih baik daripada banyak tapi hanya sesekali atau tidak rutin setiap minggu.


Untuk menambah semangat Saya dan bagi teman-teman yang juga ingin merutinkannya, akan Saya share di sini beberapa manfaat jogging yang diambil dari beberapa sumber di internet supaya kita lebih semangat untuk melakukannya.

Membakar Lemak
Saat jogging, tubuh akan memompa oksigen ke seluruh tubuh untuk membakar lemak dan mengubahnya menjadi energi. Jogging selama 20 menit setiap hari juga akan membantu kita menghasilkan defisit kalori sehingga lemak cepat tersingkir.

Menyehatkan Jantung
Jogging sering disebut olahraga kardiovaskular karena meningkatkan detak jantung dan mendorong paru-paru bekerja dengan kapasitas tertingginya. Jogging juga akan menguatkan seluruh otot tubuh. Latihan ini juga akan mengurangi risiko penyakit jantung, menurunkan tekanan darah dan kolesterol, bahkan mencegah diabetes.

Meningkatkan Stamina
Jogging dapat meningkatkan stamina. Orang yang biasa jogging memiliki ketahanan fisik lebih baik daripada jika ia tidak melakukannya.

Mengurangi Stres
Peningatan energi yang dirasakan juga akan membuat kita lebih percaya diri. Rutin berolahraga, seperti jogging,  juga memicu otak melepaskan hormon antistres

Bugar Sepanjang Hari
Jogging juga membuat paru-paru tubuh terisi oleh udara segar melalui pernapasan, sehingga memberikan kehidupan yang lebih sehat untuk sel-sel darah di dalam tubuh. Serta menciptakan koordinasi yang baik antara pikiran dan juga jiwa.

Membantu Mengendalikan Berat Badan
Olahraga termasuk jogging dapat membantu meningkatkan metabolisma dan mengurangi lemak tubuh sehingga membantu mengurangi berat badan bagi orang yang kelebihan berat badan. Bagi orang yang memiliki berat badan ideal, jogging dapat membantu menjaga berat badan normal.

Memperkuat Tulang
Jogging dapat membantu menjaga kesehatan tulang. Bagian tulang yang sering mendapat beban akan meningkat kepadatannya sehingga memperkuat tulang dan mengurangi resiko tulang keropos (osteoporosis).

Meningkatkan Kekebalan Tubuh
Jogging dapat meningkatkan daya tahan tubuh terhadap serangan penyakit karena cuaca seperti batuk dan influenza.

Membantu Tidur
Bagi penderita insomnia, jogging dapat membantu pola tidur teratur dan tidur lebih nyenyak. Hal ini dikarenakan jogging membantu relaksasi dan memberikan pengaruh positif pada kebugaran mental.


sumber:
health.detik.com
olvista.com

sumber gambar:
justjared.com

2 komentar:

  1. Salam kenal buat admin....

    Waduh artikelnya bagus banget... Kalau boleh tau ni.. Ada ga batasan waktu yang efektif untuk melakukan jogging?? dan jenis baju senam apa yang direkomendasikan untuk melakukan jogging?

    Thnks buat jawabannya... :)

    BalasHapus
  2. waaah jadi tau banyak nih tentang manfaat jogging ya. harus diterapkan setiap hari ni. :) oh iya gan mau nanya nih tempat jual baju senam wanita dimana ya? di tunggu konfirmasinya ya gan. terimakasih banyak. ^^"

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Posting yang berkaitan