8.03.2008

Budi Utomo bukan pelopor Kebangkitan Nasional?

Sebelum menelurusi.. eh.. cuih.. menelusuri lebih jauh tentang Kebangkitan Nasional, ada baiknya juga kita mengenal dulu Sejarah Kebangkitan Nasional . . .


Pada 20 Mei 1908 murid-murid STOVIA, OSVIA, Sekolah Guru, Sekolah Pertanian, dan Sekolah Kedokteran Hewan mengadakan pertemuan di Jakarta. Pertemuan inilah yang melahirkan organisasi Budi Utomo. Lalu apakah kelahiran BU ini otomatis menandakan Kebangkitan Nasional??? Eit... Ntar dulu! ^_^

Bahasa Melayu
Budi Utomo tak lebih dari sebuah organisasi kesukuan, bukan kebangsaan. Anggotanya saja, khusus orang-orang Jawa. Suku non-Jawa, tidak boleh masuk BU. Bahasanya pun bahasa Jawa, padahal saat itu bahasa yang digunakan untuk berkomunikasi antarseluruh komponen bangsa du Nusantara adalah bahasa Melayu, cikal-bakal bahasa Indonesia.

Sejak lahirnya, hingga 31 tahun kemudian, BU tidak pernah mau mengakui bahasa Melayu sebagai bahasa nasional. Organisasi ini sangat ekslusif dan tidak mau menerima anggota dari luar Jawa, malah pengennya bahasa Jawa atau bahasa Belanda sebagai bahasa nasional.

Masalah ini membuat kesal beberapa tokoh pejuang nasional pada waktu itu dan menganggap bahwa gerakan Budi Utomo adalah gerakan kebudayaan kejawen tulen yang menafikan peranan pemuda dari luar Jawa. Java sentris sangat kental dalam tubuh BU.
Lalu gimana bisa mengklaim bahwa organisasi ini merupakan awal kebangkitan nasional???
Di sinilah terjadinya pemutarbalikan sejarah. Antara fakta dan mitos campur aduk jadi satu.

Menurut sejarawan Universitas Padjadjaran (Unpad) Bandung, DR Nina Lubis, sejarah menyangkut fakta. Sedangkan mitos berhubungan pemberian makna suatu fakta dalam upaya memberikan ketenangan, membangkitkan semangat, kepercayaan, atau memberikan jawaban kepada masyarakat.

Nah, di sinilah pentingnya kita mengkaji ulang fakta sejarah yang ada. Budi Utomo itu adalah organisasi atau kumpulan para priyayi, dengan fokus perhatian pada masalah pendidikan dan kebudayaan, bukan mempersiapkan kebangkitan nasional untuk menyongsong kemerdekaan.

kongres BU tahun 1908


Pada kongres tahun 1908 di Yogyakarta, muncul dr Tjipto Mangunkusumo yang menginginkan BU menjadi partai politik yang beranggotakan seluruh lapisan masyarakat di seluruh Indonesia, bukan hanya priyayi Jawa. Namun, keinginan Tjipto ini kandas. BU tetap didominasi para priyayi, hingga akhirnya dia mengundurkan diri setahun kemudian.

Memang, BU tak lebih dari organisasi priyayi yang tidak banyak memainkan peran politik aktif. Padahal, berjuang atau perang merebut kemerdekaan adalah bagian dari strategi politik. Hingga bubarnya di tahun 1935, BU malah menampakkan diri sebagai partai resmi pemerintah kolonial Belanda.
Wallahu 'alam

sumber majalah islam Sabili
Lihat juga di sini : Cinta Pemerintah pada Rakyat
Bagaimana Ceritanya Kelahiran BU Dianggap Sebagai Kebangkitan Nasional?

5 komentar:

  1. jadi pengen baca majalah sabili, abisnya tulisan disini gak jelas. Darimana sabili dapat data-nya.

    Malah diakhiri dengan kata "Wallahu 'alam

    jadi yg isu itu buku sejarah atau sabili

    BalasHapus
  2. he.. he..
    maksudnya, mas,
    artikel yang ane posting dikutip dari majalah Sabili.
    mas, pemikirannya terlalu tinggi.
    lihat edisi no. 23 TH. XIV 31 Mei 2007,
    ngga jelas apanya?
    posting serupa di atas banyak kok, cari sendiri di google,
    apa salahnya dengan kata wallahu'alam, kan Allah lebih tahu daripada kita?
    masih banyak kelanjutan dari artikel di atas kok,

    BalasHapus
  3. Kalo boleh tau, kapan ya tanggal tepatnya Budi Utomo ini dibubarkan? Makasih :)

    BalasHapus
  4. Mw nya ni,5 komponen budi utomo apa saja ?

    BalasHapus
  5. KISAH SUKSES: Dedy ramli lolos PNS guru lingkungan PEMDA (medan)

    Assalamu Alaikum wr-wb, Saya ingin berbagi cerita kepada anda, Bahwa dulunya saya ini cuma seorang Honorer di sekolah dasar sumatra, Sudah 9 tahun saya jadi tenaga honor belum diangkat jadi PNS Bahkan saya sudah 4 kali mengikuti ujian, dan membayar 30 jt namun hailnya nol uang pun tidak kembali bahkan saya sempat putus asah,namun teman saya memberikan no tlp Bpk .Drs.TUCHID JATMIKO.Msi Selaku petinggi di BKN pusat yang di kenalnya di jakarta dan juga mengurusnya jadi PNS, saya pun coba menghubungi beliau dan beliau menyuruh saya mengirim Berkas saya melalui Email, alhamdulillah No Nip dan SK saya akhirnya keluar, Jadi apapun keadaan anda skarang jangan pernah putus asa dan terus berusaha, kalau sudah waktunya tuhan pasti kasih jalan, itu adalah kisa nyata dari saya, jika anda ingin seperti saya Hubungi saja Bpk .Drs.TUCHID JATMIKO.Msi Tlp: 0851-45342299 Atau Klik http://bkn-id.blogspot.com Siapatau Beliau Masih Bisah Bantu.

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Posting yang berkaitan