4.06.2011

Cara Mudah Membuat Related Post dengan Widget dari WithinLink

Sudah berkali-kali Saya mencari dan mencoba bagaimana cara untuk membuat sebuah Related Post atau bisa juga dengan istilah lain seperti Posting yang Berkaitan dan You Might Also Like namun selalu gagal, hehe, maklum pengetahuan Saya di dunia blog masih sedikit. Dengan cara mudah ini mudah-mudahan menjadi solusi bagi para blogger, baik yang pemula ataupun yang sudah expert untuk membuat sebuah Related Post dengan mudah.

Langkah Pertama

Login dulu ke situs blog Anda.

Langkah Kedua
Kunjungi situs www.linkwithin.com kemudian isi form seperti pada gambar di bawah ini, ekmudian isikan Email, alamat blog dan platform blog Anda (blogger, wordpress, Typepad, atau yang lainnya), dan isikan banyak konten yang akan ditampilkan pada Related Post yang akan dibuat. Berikan tanda centang pada keterangan My blog has light text on a dark background jika background pada blog Anda berwarna gelap, setelah itu Tekan tombol Get Widget.


Langkah Ketiga
Pada halaman berikutnya dengan judul Install Widget on Blogger, tekan Link pada teks Install Widget. Anda akan diarahkan ke halaman blog anda untuk menambahkan sebuah widget. Klik tombol MENAMBAH WIDGET. Maka sebuah widget akan ditambahkan pada blog Anda.


Langkah Keempat
Pada Rancangan "Elemen Halaman", Pindahkan widget LinkWithin ke bawah elemen dari elemen Posting Blog Anda, kemudian klik tombol SIMPAN. Lihat pada blog Anda, elemen Related Post sudah ditambahkan.


Langkah Kelima
Elemen Related Post akan tetap muncul pada Main Page atau home blog Anda dan hal itu akan cukup mengganggu. Untuk menyembunyikan Related Post dari Main Page atau Home, pada Blogger masuk ke menu Rancangan "Edit HTML" dan jangan lupa centang Expand Template Widget. Cari di web browser dengan menekan tombol Ctrl+F pada keyboard dan ketikkan LinkWithin. Maka Anda akan menemukan kode seperti di bawah ini:

<b:widget id='HTML13' locked='false' title='LinkWithin' type='HTML'>
<b:includable id='main'>
<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;item&quot;'>
<data:content/>
</b:if>
</b:includable>
</b:widget>

Perhatikan pada kode di atas, sisipkan kode yang bercetak tebal pada posisi sesuai dengan kode di atas, kemudian klik tombol SIMPAN, dan lihat hasilnya :)

Selamat Mencoba

3 komentar:

  1. sep gan, tambahin lg dunk ilmu tentang blognya yoo


    sam,

    BalasHapus
  2. makasih mas.... atas ilmunya, salam kenal ya.

    BalasHapus
  3. Numpang nanya nih Gan, ane pemula sdh pasang WithinLink -nya tapi kenapa ya, kok teks dibawah gambarnya ada yang muncul tp ada juga yg ngga? mohon diceks di http://secangkirkopi2012.blogspot.com
    mohon pencerahanya ya Gan...thanks

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Posting yang berkaitan