4.01.2011

Tips Menjaga Kesehatan

Kembali lagi dengan fajar-one.blogspot.com, alhamdulillah pada kesempatan kali ini bisa mengupdate postingan yang sudah 1 bulan tidak diupdate-update. Pada postingan kali ini Saya akan berbagi, dari pengalaman Saya sendiri ataupun dari pengalaman orang-orang di sekitar Saya kepada semua teman-teman yang membaca tulisan ini tentang bagaimana caranya agar kita bisa menjaga kesehatan atau tetap menjaga agar tubuh tetap fit. Tips untuk bisa menjaga kesehatan adalah:

Berolahraga

Semua orang juga tahu kalau berolahraga itu bikin kita sehat, hehehe, yang terpenting sesuai dengan porsi tenaga atau kemampuan yang kita miliki, artinya jangan terlalu diporsir. Ada banyak sekali jenis olahraga, seperti sepak bola, bola basket, renang, senam, bela diri, jogging, lari, jalan kaki, dan masih banyak olahraga lainnya. Jenis olahraga tidak hanya sebatas olahraga yang banyak mengeluarkan keringat dan membuat tubuh capek, olahraga untuk melatih otak/berpikir juga ada, salah satunya bermain catur, dan juga olahraga untuk melatih gerak tubuh dan pernafasan seperti olahraga renang. Kalau sekarang ini, jenis olahraga yang rutin Saya lakukan adalah latihan bela diri Kempo, minimal satu minggu sekali latihan, sedih juga tidak bisa olahraga sesuai jadwal latihan 3 kali seminggu, karena kesibukan kerja sampai sore dan malamnya dilanjutkan dengan kuliah.

Makanan
Makanan juga salah satu faktor penentu kita bisa sehat atau tidak. Menjaga dan mengontrol makanan itu harus, dalam agama Islam juga telah diajarkan bahwa kita harus memakan makanan yang halal dan baik. Adapun mengontrol makanan maksudnya adalah kita memakan makanan jangan hanya mementingkan hawa nafsu atau mementingkan lidah, tetapi organ-organ dalam tubuh tidak kita perhatikan, mungkin makanan yang kita makan itu enak di lidah, tetapi belum tentu enak untuk diterima oleh perut/organ tubuh kita. Salah satu contoh kecilnya adalah mungkin ada salah satu dari kita yang suka memakan makanan yang pedas, nah, saking nikmatnya memakan makanan yang pedas, enak di lidah sih, tapi kalau berlebihan malah membuat akan lambung/usus rusak. Dalam hal makanan, yang terpenting adalah makanan yang kita makan itu sehat dan baik, selain itu kita jangan terlalu berlebihan dalam hal makan. "Makanlah ketika lapar, berhentilah sebelum kenyang."

Istirahat
Istirahat itu juga penting, setelah kita lelah karena beraktivitas, entah itu aktivitas kita bekerja, sekolah atau kuliah, tubuh perlu istirahat. Dengan beristirahat tubuh kita akan menghilangkan semua rasa lelah di badan kita. Beristirahatlah secukupnya, dan luangkan waktu untuk beristirahat.

Dzikir
Loh, kok dzikir sih? dzikir tidak hanya bacaan seperti tasbih, tahmid, takbir dan tahlil. Dzikir artinya mengingat Allah. Berdo'a juga termasuk dzikir. Oleh karena itu kita disarankan oleh agama agar sebelum beraktivitas kita harus berdo'a, baik itu berdo'a sebelum makan, berdo'a setelah makan, berdo'a sebelum bepergian, berdo'a sebelum masuk kamar mandi, berdo'a ketika keluar kamar mandi, berdo'a ketika berpakaian, berdo'a sebelum belajar, berdo'a sebelum berolahraga, berdo'a sebelum tidur, berdo'a ketika bangun tidur, banyak deh pokoknya aktivitas-aktivitas lainnya yang diselingi dengan do'a. Sewaktu masih Taman Kanak-kanak(TK) atau Sekolah Dasar (SD) kan kita sudah diajarin? masa setelah kita besar/tua tidak kita terapkan? ilmu itu jangan hanya diketahui, tapi juga diamalkan cuy. Dengan berdo'a dalam beraktivitas, maka kita semua senantiasa ingat dengan Tuhan/dzikir. Insya Allah, aktivitas apapun yang kita lakukan dengan berdo'a akan menjadi lebih berkah, percuma dong berolahraga, makan atau istirahat kalau tidak kita iringi dengan do'a?

Ibadah
Dalam agama Islam, khususnya adalah ibadah wajib seperti shalat lima (5) waktu atau puasa pada bulan ramadhan jangan sampai ditinggalkan (ya iya lah jangan ditinggalkan, namanya juga WAJIB). Ibadah-ibadah yang kita lakukan juga ada pengaruhnya untuk kesehatan. Salah satu contohnya adalah wudhu, berwudhu minimal 5 kali dalam sehari, anggota tubuh seperti kulit sangat mudah untuk kering, nah dengan wudhu akan menjaga kulit kita agar jangan sampai terlalu kering.

Bersyukur
Kesehatan tidak berarti apa-apa kalau kita tidak bersyukur dengan Tuhan. Rejeki tidak hanya berbentuk harta, kesehatan juga termasuk rejeki yang sangat besar nilainya bagi kita, dengan sehat kita bisa bekerja, dengan sehat kita bisa sekolah, dengan sehat kita bisa nge-blog juga, hehe. Oleh karena kita patut bersyukur kepada Tuhan karena telah memberikan kesehatan kepada kita semua dan memberikan kesempatan kepada teman-teman semua untuk membaca tips  Saya yang sederhana ini. Semoga bermanfaat. :)

sumber gambar : fashioncentral.pk

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Posting yang berkaitan