4.16.2013

Kurangi Menonton TV

Waktu kecil dulu, sejak SD sampai SMP, kalau hari minggu tiba Saya suka menonton TV seharian, karena dari pagi hingga siang adalah acara kartun, padahal hari minggu pagi adalah waktu yang pas untuk berolahraga, sangat baik di saat masa-masa pertumbuhan. Beruntung, acara kartun cuma ada di hari minggu, jadi pada hari lain saat sore sering Saya habiskan untuk bermain bersama teman-teman, baik itu bermain sepak bola, keliling bersepeda, petak umpet atau permainan lainnya.

Frekuensi menonton televisi mulai menurun drastis ketika Saya sekolah SMA di kota lain, selama 3 tahun tidak ada hiburan menonton televisi ketika di rumah kontrakan membuat Saya menjadi terbiasa untuk tidak ketergantungan dengan televisi hingga sekarang.

Sekarang, kartun tidak cuma di hari minggu, sinetron tidak cuma tayang ketika malam hari. Berbagai channel TV dari pagi hingga malam selalu membuat anak-anak hingga orang dewasa terlena dengannya. Anak-anak, bahkan yang di bawah umur 5 tahun ketika baru bangun pagi sudah bisa menyalakan TV sendiri sambil bilang "Sponge Bob, ma... Sponge Bob, ma..."

Televisi mempunyai manfaat sebagai media untuk informasi atau sekedar hiburan dengan catatan tidak membuat kita lupa waktu, tidak membuat kita lupa untuk beribadah kepada-Nya.

Jika kita terbiasa menonton televisi 5 jam dalam sehari, kurangi menjadi 4 jam sehari. Jika terbiasa menonton 3 jam dalam sehari, kurangi menjadi 2 jam dalam sehari. Masih banyak aktivitas lain yang sebaiknya kita lakukan, sisihkan waktu yang biasanya kita gunakan untuk menonton televisi pada malam hari dengan membaca buku atau berinteraksi dengan keluarga, bagi yang punya anak sebaiknya dampingi anak saat belajar. Sisihkan waktu yang biasanya kita gunakan untuk menonton televisi pada pagi hari dengan berolahraga atau membantu ibu / istri melakukan pekerjaan rumah.

Bagi yang beragama Islam, setelah maghrib matikan televisi! Gunakan waktu tersebut untuk membaca Al Qur'an atau ibadah lainnya sambil menunggu waktu adzan Isya tiba.

sumber gambar : http://sukasik.blogspot.com

3 komentar:

  1. Super sekali mas, biasanya nonton tv kalo acaranya bener bener menarik. kebanyakan sekarang hiburan dan gossip yang tidak mendidik

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Posting yang berkaitan