10.01.2010

Konsep Jaringan Komputer

Kemarin lagi beres-beresin tumpukan buku di kamar, eh, nemu buku "Jaringan  Komputer" waktu kelas 2 SMK.
Daripada tuh buku cuman jadi arsip di rumah, mending saya sharing di sini, semoga bermanfaat ^^
Apa itu jaringan komputer?
Jaringan komputer adalah sekelompok komputer otonom yang saling berhubungan antara satu dengan yang lainnya menggunakan protokol komunikasi melalui media komunikasi sehingga dapat saling berbagi informasi, program-program, penggunaan bersama perangkat keras seperti printer, harddisk, dan sebagainya.

Apa manfaat jaringan komputer?
- Sharing resources
Bertujuan agar seluruh program, peralatan, atau peripheral lainnya dapat dimanfaatkan oleh setiap orang yang ada pada jaringan komputer tanpa terpengaruh oleh lokasi maupun pengaruh dari pemakai.

- Media telekomunikasi
Jaringan komputer memungkinkan terjadinya komunikasi untuk pengguna, baik untuk teleconference maupun untuk mengirim pesan atau informasi yang penting lainnya. Dengan menggunakan jaringan komputer, dua orang atau lebih yang jaraknya sangat jauh akan lebih mudah bekerja sama.

- Integrasi data
Pembangunan jaringan komputer dapat mencegah ketergantungan pada komputer pusat. Maksudnya, setiap proses data tidak harus dilakukan pada satu komputer saja, melainkan dapat didistribusikan ke tempat lainnya.

- Pengembangan dan pemeliharaan
Dengan adanya jaringan komputer, maka pengembangan peralatan dapat dilakukan dengan mudah dan menghemat biaya, misalnya untuk meningkatkan kualitas pencetakan dari "dot matrix" ke "laser printer".
Jaringan komputer juga memudahkan pemakai dalam merawat harddisk dan peralatan lainnya, misalnya untuk memberikan perlindungan terhadap serangan virus.

- Keamanan data
Jaringan komputer memberikan perlindungan terhadap data melalui pengaturan hak akses para pemakai dan password.

- Sumber ddaya lebih efisien dan informasi terkini
dengan adanya pemakaiian sumber daya secara bersama-sama, maka pemakai mendapat hasil yang maksimal dan kualitas yang tinggi. Selain itu, data dan informasi yang diakses selalu baru.

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Posting yang berkaitan